RI3SKA.COM – Venesia merayakan ulang tahun ke-1600 pada 25 Maret 2021 yang lalu. Namun bukan berarti kota kanal ini berhenti berkembang. Mulai tahun ini hingga 25 Maret 2022,  kota ini akan melakukan perluasan dan akan menjadi pusat perhatian dari serangkaian acara, inisiatif, proyek budaya di masa yang akan datang.

“Venezia tidak hanya menjadi tempat untuk mengingat sejarah tapi akan menjelma menjadi sebuah tempat simbolis untuk seluruh dunia, dimana kota ini juga memberikan kesempatan pada penikmatnya, untuk melihat ke masa depan,” demikian dikatakan Alessandro Bertasi, Juru Bicara Walikota Venesia pada ri3ska.com.

Ia mengatakan Setelah banjir besar yang melanda Venesia pada November 2019 lalu, yang juga mengalirkan  kisah miris yang menggaung  di setiap sudut Bumi belum lagi ditambah dengan pandemi Covid-19 yang telah berdampak kuat pada tatanan ekonomi kota sejak Maret tahun lalu,  maka menurutnya, ‘Momen 1600 tahun ini menjadi titik untuk memulai kembali Venezia yang baru,” ujarnya.

Ia menambahkan, partisipasi dari banyak institIusi dan tokoh, mulai dari Presiden Republik Italia, Sergio Mattarella hingga warga negara biasa, turut memberi semangat pada keputusan ini.

“Kami berusaha memastikan bahwa siapa pun dapat merasakan peran aktif dalam penyelenggaraan program perayaan dan mengusulkan acara mereka sendiri, sebagai pengayaan pada kegiatan yang telah resmi. Kami juga mengundang semua kota dan negara yang memiliki periode sejarah yang sama dengan Venesia untuk berpartisipasi, dengan tujuan untuk menggarisbawahi bagaimana kota kami, terutama di lebih dari seribu tahun Republik Serenissima, telah menciptakan hubungan dengan banyak tempat di dunia,” ujarnya.

Ia menegaskan, Venesia saat ini dalam tonggak penting sebuah kota yang tanpa dinaungi bayang keraguan, akan kembali menjadikan Venezia sebagai milik seluruh dunia.

“Kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk mempertahankan dan melindunginya agar dapat diserahkan kepada generasi mendatang,” ujarnya.
Bagi Anda yang penasaran dengan penampakan Venezia terbaru, serta berminat untuk turut serta dalam program inisiatif Venezia, silakan klik tautan ini: https://1600.venezia.it/

Penulis: Rieska Wulandari
Editor: Syahrul Gunawan

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X