RI3SKA.COM – Penyanyi remaja Jane Callista Saweago (14) berhasil menyabet dua gelar juara sekaligus yaitu World Grand Prix Winner 2022 (gelar tertinggi, juara dunia) dan 1st winner Alice Artemis Vigano Award 2022 dalam ajang kompetisi menyanyi internasional “SanremoJunior World Finals” ke-13, yang berlangsung di Teatro Ariston, Sanremo – Italia, 1-8 Mei 2022.

Callista, gadis remaja kelahiran 1 Januari 2008 ini, memang kerap mengikuti berbagai ajang kompetisi menyanyi antara lain menjadi pemenang di sebuah ajang kompetisi internasional bergengsi di bawah naungan UNICEF, juga sempat menjuarai kompetisi solo vokal online internasional yaitu American Music Talent Award 2022 – Vocal division, USA.

Selain itu Jane juga telah meraih juara 1 di Finland JS Sibelius Vocal Competition 2021, dan berbagai kompetisi vokal online di Eropa, Asia, dan Amerika.

Di Italia, Jane memukai juri yang menyandingkannya dengan Judy Garland, dan ia keluar menjadi pemenang pertama dan World Grand Prix Champion dengan suara bulat dari para Juri, mengalahkan pesaing dari Israel dan Belarus, dan para finalis lainnya yang merupakan perwakilan terpilih dari 20 negara dari 3 benua.

Meski sudah beberapa kali memenangkan kompetisi bernyanyi di dalam dan luar negeri, kemenangan ini tetap membanggakan bagi Jane Callista karena level kompetisi SanremoJunior yang prestisius.

“Sungguh pengalaman yang tak terlupakan bertemu para finalis yang sangat berbakat dari berbagai negara di dunia. Selain mendapat teman baru, kami juga saling bertukar cindera mata dari negara kami masing-masing,” tutur Jane Callista yang telah menyiapkan tas lukis dari Klaten dan boneka wayang sebagai cenderamata.

Jane pun merasa sangat bahagia bisa menyanyi dan berkompetisi langsung di hadapan para juri dan banyak penonton secara live, setelah dua tahun terakhir mengukir prestasi internasional secara online, kini bisa kembali ke panggung yang sesungguhnya.

Saat kompetisi, para finalis diiringi oleh orchestra Sanremo Symphony Orchestra dengan 32 musisi dan konduktor handal Maestro Alessandro Scaglione.

Pengumuman dan penobatan gelar juara World Grand Prix Winner dilakukan oleh pimpinan SanremoJunior World Finals, Paolo Alberti dan presiden dewan juri yang juga musisi ternama di Italia, Franco Fasano.

Kemenangan Jane, juga muncul dalam media nasional Italia, La Stampa, yang menulis komentar presiden juri “Peserta asal Indonesia ini, Jane Callista, adalah yang paling mengesankan saya dalam beberapa tahun terakhir. SanremoJunior, sangat impresif, memiliki aksi panggung dan cara menyanyi yang sangat baik.

Selain selaras, dia juga seorang aktris, mengingatkan saya kepada sosok artis legendaris Judy Garland;” ujarnya.
Meskipun usianya masih muda tapi dia penuh percaya diri,” tutur presiden juri Franco Fasano seperti dikutip pada koran nasional berbahasa Italia tersebut.

Perjalanan Indonesia- Italia sejauh 11.000 km rupanya tak sia-sia, Jane mempu menumbangkan lebih dari seribu peserta festival Sanremo dari sekitar dua puluh negara di tiga benua dan saat namanya dipanggil sebagai pemenang, Jane membalut gaunnya dengan Bendera Merah Putih saat tampil dengan gelar juaranya.

Penyanyi yang juga pandai menciptakan lagu ini, mengaku sangat terinspirasi oleh Taylor Swift dan Ed Sheran, karena mereka mampu membuat lagu dengan lirik-lirik lagu yang jujur. Ia mengatakan beberapa produser dan studio rekaman Italia telah mulai mendekatinya, namun masih dalam perbincangan awal.

Selain Ed Sheran, ia mengatakan penyanyi dan pencipta lagi senior Titik Puspa adalah figur dari tanah air yang paling ia kagumi dan teladani.

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X