RI3SKA.COM – Mulai Senin (14/6) Pemerintah Italia menerapkan status dan protokol zona putih kepada sebagian besar wilayah Italia. Keputusan ini ditanggapi kebahagiaan warga dengan melakukan pariwisata antar region.
Jelang musim panas, kegiatan berkemah atau “camping” di tepi pantai menjadi pilihan bagi warga Italia.

Dalam penanggulangan periode serangan covid19, sejak bulan Desember yang lalu, Italia sempat menerapkan protokol zona merah yang ketat. Hasil pemberlakukan protokol yg ketat ini dapat dilihat dimana pada bulan Mei situasi berangsur menjadi zona yang terus membaik menjadi oranye, kuning dan akhirnya pada bulan Juni berhasil meraih status zona putih.
Warga Italia yang kehilangan kesempatan berlibur pada hari besar Natal, Tahun Baru, Epifania dan Paskah lalu, akhirnya dapat kembali melakukan aktivitas turisme lokal.

Giovanni Paravicini, warga Italia dari Region Lombardia yang ditemui di kawasan perkemahan Romagna di Milano Marittima, Region Emilia Romagna mengatakan
Ia akhirnya dapat menjalani liburan setelah harus diam di rumah selama periode lockdown .

“Akhirnya pemerintah memberikan kebebasan lagi, sekarang kami ada di zona putih dan bukan zona kuning, kami datang dari region Lombardia ke region Emilia Romagna untuk berlibur seminggu,” ujarnya.

Namun demikian, kawasan pariwisata tetap harus menerapkan protokol dan tata tertib dimana terdapat pembatasan pengunjung, pergantian waktu masuk dan keluar untuk penggunaan kolam renang yaitu dengan durasi maksimum 1.5 jam.

Penjaga kolam wajib melakukan sanifikasi pada bangku dan kamar mandi saat pergantian pengunjung kolam renang (jeda durasi 15 menit untuk proses pembersihan); wajib menyediakan gel pembersih tangan di setiap unit camping;
mengatur fasilitas publik seperti kamar mandi dan tempat cuci komunal dengan kapasitas separuh normal supaya tidak terjadi penumpukan; selain itu pengunjung tetap diwajibkan menjaga jarak dan mengenakan masker baik bagi yang sudah maupun yang belum melaksanakan vaksinasi.

Penulis: Rieska Wulandari
Editor: JG

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X