RI3SKA.COM – Kegiatan EURO yang ke-60 ini merupakan hal yang luar biasa sebab menjadi simbol kebangkitan Eropa dalam perang menghadapi badai Covid-19 dan juga simbol kebangkitan Italia dalam membangun kembali sektor olahraga, ekonomi dan pariwisata mereka.

Seperti kita ketahui, kegiatan olahraga ini sempat tertunda selama satu tahun dan kali ini akhirnya dapat dilaksanakan tentu saja dengan berbagai kompromi yang harus mengakomodasi ketentuan dan tata tertib anti penyebaran covid-19.

Dalam pertemuannya dengan Asosiasi Jurnalis Asing, Stampa Estera di Roma dan Milan, Italia, Komisaris Luar Biasa UEFA, EURO 2020 Danielle Frongia mengatakan, panitia mempersiapkan berbagai detail yang berkaitan dengan peraturan baru Covid-19 baik itu dalam konteks pertandingan maupun dalam konteks mengatur kehadiran massa dan pendukung berkaitan dengan kegiatan ini.

Misalnya untuk menghindari perkumpulan massa yang terlalu banyak, maka kapasitas stadion dikurangi dan kegiatan untuk pendukung disebar pada beberapa piazza di seantero kota Roma, antara lain Piazza del Popolo yang hari ini disediakan bagi pendukung tim Turki dan piazza lainnya untuk berbagai kemeriahan seperti permainan bola tiga lawan tiga dan kejutan dari sponsor dan pendukung lainnya diselenggarakan di Piazza San Silvestro, Largo Lombardi, Piazza Mignaleli dan sebagainya.

Warga yang ingin membeli tiket hanya dapat membeli melalui gerai resmi online dan juga harus mengunduh aplikasi khusus dimana mereka harus menyertakan informasi misalnya apakah pernah terinfeksi covid 19 dan sembuh untuk dikategorikan dalam massa yang sudah imun, atau sudah vaksinasi lengkap minimal dua pekan sebelum acara ini berlangsung dan atau memberikan hasil tes swab negatif agar bisa masuk ke stadion atau agar bisa masuk ke arena keriaan di piazza tadi.

Itupun panitia memberikan durasi sehingga mereka yang sudah kehabisan waktu, diharap segera keluar dari lokasi agar pengunjung lain dapat hadir
Panitia juga menyediakan acara menonton bersama di Piazza Popolo dengan maksimum penonton sebanyak 2750 orang namun sudah ada 3500 orang yang mendaftar akibat tingginya antusiasme warga Turki yang tinggal di kota Roma.

Danielle Frongia, mengatakan, Italia mengucurkan investasi sebesar 10 juta Euro untuk kegiatan ini, terutama dilakokasikan untuk persiapan, ketertiban dan keamanan dalam konteks kesehatan, mengantisipasi penyebaran covid-19.

Ia optimis investasi ini akan kembali membangkitkan ekonomi Italia dan Eropa sebab untuk investasi olahraga misalnya Formula E, bisa memberikan kembali tunrover sebanyak 62 juta Euro karena kedatangan turis, tamu dan pendukung olahraga di negara tuan rumah. Acara pembukaan ini diawali dengan pertandingan antara Tim Italia melawan tim Turki.

Penulis: Rieska Wulandari
Editor: JG

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X