RI3SKA.COM – Sejak vaksinasi dicanangkan oleh pemerintah Italia pada 27 Desember lalu tercatat telah
32.969 orang mendapat vaksinasi. Kelompok umur yang paling banyak divaksinasi adalah antara 50 dan 59 tahun (9.504), diikuti oleh 40-49 (7.595) dan 30-39 (5.776).

Prioritas diberikan kepada pekerja garis depan dan penghuni panti jompo.
Sementara itu, untuk mengantisipasi datangnya gelombang ketiga, Italia  menetapkan hari Tahun Baru  dalam protokol  ‘Zona Merah’ dimana terdapat penerapan jam malam dari pukul 10 malam hingga 7 pagi dan pesta malam tahun baru.

Pihak kepolisian Italia sejak 31 Desember menyatakan akan menindak pertemuan dan kegiatan bepergian ke luar kota di cek secara ketat,bahkan memeriksa akun media sosial untuk memantau apakah ada warga yang melakukan pesta tahun baru dan bila ditemukan maka akan ditindak berupa denda dan kawasan resor ski akan tetap ditutup rencananya hingga 18 Januari yang akan datang.

Ternyata penelusuran melalui media sosial ini berhasil, ketika polisi menemukan orang yang sedang berpesta di sebuah lokasi hotel dimana  para pengunjung menari tanpa masker, mereka juga bersulang dan mendengarkan musik.

Kegiatan mereka tampak dalam video yang ditayangkan di media sosial pada pesta akhir tahun di sebuah resor mewah di Padenghe, di Danau Garda, di Bresciano. Semua 126 tamu hotel yang menghadiri pesta Malam Tahun Baru akan didenda karena gagal mematuhi peraturan anti-Covid dari dekrit perdana menteri Italia yang terbaru.

“Berapa dendanya? Masing-masing 400 euro”, jelas Massimo Landi, komandan polisi setempat.

Hari ini Italia mencatat 23.477 kasus baru, sehingga total kasus Covid 19 mencapai angka 2,11 juta, dimana 1,46 juta berhasil sembuh dan 74.159 fatal.


Penulis: Rieska Wulandari – Jurnalis, ketua Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indonesia (ISKI) Cabang Eropa.
Editor: Syahrul Gunawan

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X