RI3SKA.COM – Italia mulai Vax Day  atau hari vaksinasi nasional pada hari ini, Minggu (27/12/2020) di seluruh Italia. Menteri Kesehatan Italia, Roberto Speranza mengatakan “Kita melihat terang, tapi jalan masih panjang,” ujarnya. Mulai hari ini, akan ada 470.000 orang Italia yang divaksin setiap minggunya.

“Hari ini adalah hari di mana kita memberikan pukulan yang sangat keras terhadap virus. Mari berharap ini adalah sebuah  knockout bagi virus,” demikian dikatakan Direktur Rumah Sakit Spallanzani, Roma. Francesco Zaia. “Kita akhirnya berada pada babak akhir dari sebuah awal, kita akhirnya benar-benar memiliki harapan  karena keyakinan kita  kepada sains.

Vax Day (Sumber Foto: Mediaset/Ri3ska.com)



Kita harus beriman tetapi sekaligus percaya pada ilmu pengetahuan, kita tidak boleh kehilangan persatuan dan sinergi negara ini. Warga negara harus percaya pada vaksin dan sains. Vaksin adalah alat yang sangat diperlukan, komitmen bersama dan perilaku yang baik, menjadi sangat penting,” tandasnya.

Di seluruh dunia, hari ini sudah 4 juta orang mendapat vaksinasi dan kasus secara global telah mencapai 80 juta sementara di Italia tercatat total jumlah kasus sejak Januari sebanyak 2 juta 200 ribu pasien lebih.

Penemuan vaksin adalah “cahaya harapan jika tersedia untuk semua”. Paus mengatakan hal ini dalam berkat Urbi et Orbi pada hari Natal (25/12/2020) dan meminta untuk menghindari  “hukum pasar dan hak paten berada di atas hukum kesehatan dan kemanusiaan”.

Dalam seruan yang ditujukan kepada para penguasa negara di seluruh dunia, Bergoglio meminta untuk memberikan dosis “pertama untuk yang miskin dan membutuhkan”.

Vatican menyambut hari  sebagai hari bersejarah dan harus dikenang, dalam upaya berperang melawan SARS CoV2.


Penulis: Rieska Wulandari – Jurnalis, ketua Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indonesia (ISKI) Cabang Eropa.
Editor: Syahrul Gunawan

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X