RI3SKA.COM – Warga Negara Indonesia Cahayadi Kam yang dikenal dengan nama panggung Eki, yang mengawali kariernya dari seniman jalanan di Italia, berhasil memenangkan kompetisi musik prestisius All Together Now atau Il Muro, yang dipimpin oleh penyanyi ternama Michelle Hunziker dan diselenggarakan pada Sabtu malam hingga Minggu dinihari (13/2/2012) lalu.

Saat Wawancara Eki (YouTube: RI3SKA)

Pria kelahiran Jakarta, 24 November 1986 ini berhasil meyakinkan dewan juri yang terdiri dari 4 tokoh ternama J-Ax, Rita Pavone, Francesco Renga dan Anna Tatangelo serta 100 orang juri yang memiliki latar belakang menyanyi dan musik dari seluruh dunia, berhasil mengalahkan para finalis Italia yang yaitu Silvia Rita Iannone, Antonio Marino, Alessio Selvaggio, Domenico Iervolino, Dalila Cavalera dan Savio Vurchio.

Cahayadi Kam – Eki

Dihubungi melalui Skype, Eki berkata ia biasa tampil sebagai musisi jalanan di kawasan utama kota Milan, dia cukup beruntung karena seorang selebgram menampilkan atraksi yang digelarnya di Duomo dan dari laporan tersebut, televisi Italia menghubungi akun media sosialnya dan memintanya untuk ikut dalam audisi program tersebut.

Sekedar untuk diketahui, untuk dapat tampil di kawasan penting di Milan, seniman tersebut harus lulus uji kompetensi.  Selama masa penampilannya dalam kompetisi tersebut, Eki selalu berhasil meraih angka 100 atau angka sempurna dan tak tergoyahkan. Meski demikian Eki sendiri merasa tak percaya Ia dapat memenangkan kompetisi tersebut.

Saat Eki Menyanyi Dijalan di Italia

Eki mengatakan, hadiah sebesar 50.000 Euro yang diraihnya akan dialokasikan untuk biaya pendidikan bagi dua keponakannya yang telah kehilangan ayah, yang merupakan kakak kandungnya.

Pria asal Jakarta yang mengenyam pendidkan vokal di Elfa’s Music School (EMS) dan juga STBA LIA Pengadegan Jakarta jurusan sastra Inggris ini mengaku akan tetap tampil di Duomo Milano, karena itu adalah sejarah dan passion-nya sejak awal.

Usai kemenangannya, media Italia baik itu lokal dan nasional memuat wajah dan kemampuan musik Eki dalam halaman mereka, sementara itu Eki telah menjadi bintang idola baru, dimana puluhan ribu warga Italia meminta pertemanan melalui akun sosialnya hingga akun pribadinya tersebut down. Diaspora Indonesia yang mukin di Italia juga KBRI Roma, mengucapkan selamat kepada Eki dan rasa bangga mereka atas kemenangannya.

Penulis: Rieska Wulandari – Jurnalis, ketua Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indonesia (ISKI) Cabang Eropa.
Editor: Syahrul Gunawan

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X