RI3SKA.COM – Dubes RI Madrid, Dr. Muhammad Najib dan sejumlah pejabat KBRI, pekan lalu, mengunjungi Masjid Besar Granada yang berada di kota Granada, Andalusia, Spanyol. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari persiapan agenda Interfaith Dialog atau Dialog Lintas Agama yang sedianya dilaksanakan pada semester pertama 2022 yang akan datang di Sevilla, Spanyol.

“Kami umat muslim di Granada dan sekitarnya menyambut baik upaya Dubes RI dan akan mendukung rencana kegiatan Dialog Lintas Agama, yang diharapkan semakin meningkatkan harmoni yang sudah terbangun diantara pemeluk agama yang berbeda di Spanyol. Hingga saat ini, pemerintah Spanyol juga ikut mendukung aktifitas umat Islam di Granada.”, demikian disampaikan Ketua Yayasan Masjid Granada,Omar Farouk del Pozo, yang menemani Dubes Muhammad Najib dalam kunjungan tersebut.

Kunjungan Kerja Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol dan UNWTO, Bapak Dr. Muhammad Najib ke Cordoba dan Granada

Yayasan Masjid Granada berdiri pada tahun 2003 atau 500 tahun sejak bangunan masjid dibangun pada 1492. Kegiatan masjid berupa kelas bahasa Arab juga berbagai seminar yang membahas isu-isu terkini Islam di Spanyol dan pada tingkat global.

Masjid yang terletak di tengah kota ini, memiliki tiga bangunan yang menjadi ciri khas utama, yaitu bagian taman dengan pemandangan ke kompleks Alhambra, ruang untuk ibadah shalat, dan Pusat Pendidikan Islam.

Masjid Granada juga merupakan destinasi wisata karena karena dibangun dengan menggunakan gaya arsitektur Muslim Andalusia yang serasi dengan arsitektur Alhambra yang berbeda dengan arsitektur di negara-negara Islam lain, seperti Turki, Persia, India, atau Arab.

Sebelum ke Granada, Dr. Muhammad Najib juga berkesempatan mengunjungi kota Cordoba yang berada 200 kilometer dari Granada dalam rangka mengunjungi situs bersejarah. Peninggalan sejarah peradaban Islam, Yahudi dan Kristen di Spanyol dipelihara dengan sangat baik oleh negara ini. Meskipun fungsi Masjid Cordoba sudah berubah menjadi Musium, tetapi ciri bekas masjid yang berada di bagian dalamnya, terutama mihrabnya yang sangat unik dan indah, tetap dipertahankan dan dirawat baik. Delegasi yang beragama Islam diharapkan dapat melaksanakan shalat di tempat ini, seperti yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Rombongan KBRI Madrid mengakhiri kunjungannya dengan melaksanakan shalat di Masjid de los Andaluces yang berada hanya dua ratus meter dari Masjid Catedral, Cordoba.

Penulis: Rieska Wulandari
Editor: Syahrul Gunawan

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X
%d blogger menyukai ini: