RI3SKA.COMBertempat di Wisma Duta KBRI Roma pada Jumat (13 Agustus 2021) pukul 16.00 waktu Italia, Dubes RI Roma, Esti Andayani, telah mengukuhkan 4 (empat) orang anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) KBRI Roma. Acara pengukuhan Paskibra berlangsung khidmat dan lancar, diikuti oleh orang tua peserta Paskibra, seluruh Home Staff KBRI Roma, dan pengurus DWP (Dharma Wanita Persatuan) KBRI Roma.

Keempat anggota Paskibra KBRI Roma tersebut adalah: Daniswara Zayna Windriyani Waskito, Ahmad Rizqi Al Zidan, Felice Irwanda, dan Emanuele Eugenio Wehantouw. Keempatnya telah menjalani pemusatan latihan dibawah bimbingan pelatih Paskibra KBRI Roma, Mayor (Sus) Isran Anshori (Asisten Atase Pertahanan RI Roma). Keempatnya akan bertugas pada saat upacara bendera Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-76 pada Selasa, 17 Agustus 2021, di KBRI Roma.

Dalam acara pengukuhan, Zayna Waskito sebagai pemimpin upacara pengukuhan, dengan menggenggam bendera merah putih di dada kiri, beserta ketiga anggota Paskibra lainnya, telah mengucapkan “Ikrar Putra Indonesia” yang berisi janji dan ikrar menerima dan menjalankan kode kehormatan Paskibra “Dharma Mulia Putra Indonesia”.

Setelah pengucapan ikrar tersebut, Dubes Esti Andyani secara resmi mengukuhkan Paskibra KBRI Roma tahun 2021. “Dengan memohon ridho Allah Yang Maha Kuasa, Tuhan Yang Maha Esa, Saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai pengibar bendera sang saka Merah Putih pada upacara bendera di KBRI Roma, tanggal 17 Agustus 2021”, tegas Dubes Esti saat mengukuhkan paskibra. Selanjutnya Dubes Esti secara simbolis menyematkan pin merah putih serta kendit kecakapan Paskibra kepada pemimpin upacara. Menutup acara pengukuhan, seluruh peserta upacara menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada para anggota Paskibra didampingi keluarga masing-masing.

Selama upacara pengukuhan, protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19 tetap diberlakukan, termasuk dengan pemeriksaan suhu (temperatur) tubuh dan penggunaan masker selama upacara berlangsung. Kegiatan upacara juga disiarkan secara live streaming pada kanal YouTube KBRI Roma.

Mempertimbangkan protokol kesehatan dan sebagai bentuk upaya meminimalisir potensi penyebaran Covid-19, anggota paskibra KBRI Roma tahun 2021 ditetapkan berjumlah 4 (empat) orang, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya sebanyak 6 (enam) orang. Keempat anggota Paskibra KBRI Roma tersebut telah diseleksi dan mulai melakukan latihan pada pertengahan Juli 2021.

Penulis: Rieska Wulandari
Editor: JG

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X