Amelia Rachim

Amelia Rachim berhasil menjuarai kompetisi desain perhiasan paling prestisius, HRD Design Award ke-18 yang diikuti oleh 1600 peserta dan menyisihkan 9 finalis dari 3 kategori, diamond, gemstone dan accessories.

“Piece by peace into Peace” karya Amelia Rachim mendapat sambutan baik dari dewan Juri dan memenangkan kategori Gemstone.

Ia mengaku tidak begitu optimis sebab telah lima tahun vakum dari kegiatan kompetisi, namun rupanya goresan idenya masih cemerlang.

Dalam kompetisi yang bertema “Peace” ini, Amel mendapat inspirasi dari kawanan semut.

“Saya terinspirasi dari semut, serangga kecil yang selalu bekerja sama dalam kelompok, obsesi pada serangga ini karena ukurannya kecil dan penuh detail persis seperti perhiasan,” ujarnya.

Dalam desainnya kali ini, semut terlihat sedang berbaris dengan membawa berbagai batu mulia berbagai ukuran, bentuk dan warna.

“Semut yang membawa beragam batu yang berbeda bentuk dan warna ini, melambangkan manusia yang memiliki perbedaan latar belakang, berbeda pendapat, berbeda perspektif dan dari semut ini kita belajar untuk bekerja sama dalam harmoni dan kedamaian,” tambahnya.

Atase Perdagangan Silvi C. Sumanti yang hadir di lokasi bersama Kepala ITPC Milan, Sri Bimo Adhi Yudhono dan Wakil ITPC Milan, Sumardi, menyambut gembira prestasi ini dan berharap karya dan sepak terjang Amelia bisa menginspirasi para desainer perhiasan di tanah air, sekaligus membuka kerjasama anak bangsa dengan pihak internasional.

Amelia Rachim bersama Kepala ITPC Milan, Sri Bimo Adhi Yudhono, Atase Perdagangan KBRi Roma Silvi C. Sumanti dan Wakil Kepala ITPC Milan, Sumardi.

Lahir di Indonesia, pada 27 Mei 1985, Amelia Rachim melanjutkan pendidikan di Italia Karena meraih International Scholarship Award untuk Master of Jewelry Engineering dari Politeknik Turin, pada November 2008.

Usai masa pendidikan, ia melanjutkan karirnya sebagai perancang desain perhiasan lepas dan membangun keluarga.

Gerak-geriknya menarik perhatian dunia, dimana beberapa desainnya juga memenangkan penghargaan di Eropa, Amerika Serikat dan Kanada.

Karya visionernya dikenal sebagai perpaduan unik antara jejak kecanggihan Eropa dan pengaruh eksotis, perpaduan sempurna antara suguhan visual sekaligus elegan dan intelektual.

Selama karir freelancing-nya, ia berhasil mengharumkan namanya beberapa penghargaan bergengsi, seperti pemenang utama “Design Time Competition” yang diikuti oleh 3037 desainer dari 96 negara oleh Bind Italia/BREIL, Milan, Italia pada September 2011 berhasil disabetnya.

Selain ITU, juga juara pertama untuk “Enchanted Emerald Jewelry Design Challenge,” yang diselenggarakan oleh Mejuri di Toronto, Kanada pada April 2013 dimana karyanya juga dikenakan oleh penyanyi ternama Anggun Dan selebriti internasional lainnya.

Ia juga didapuk sebagai pemenang utama untuk “Rebel Chique Design” dalam kategori “ring” yang diselenggarakan oleh Royal Asscher, New York AS, 2013 dan pemenang utama untuk Kompetisi Desain Perhiasan Evolvea internasional diselenggarakan oleh 3C & Young Jewelers Association of Italy di Milan, pada Desember 2014 lalu.

HRD Antwerp

HRD Antwerp adalah otoritas terkemuka Eropa Yang telah 575 tahun berkecimpung dalam hal penilaian berlian Dan pendidikan terkait perhiasan.

Kompetisi ini merupakan salah satu kontes perhiasan terpenting di dunia yang dimulai pada tahun 1984 dengan nama “Antwerp Diamond High Council Award” yang bertujuan mempromosikan kreativitas dan keunggulan desain dalam perhiasan berlian kontemporer di Belgia.

Pada tahun 2003 kompetisi ini mulai membuka diri untuk kandidat internasional dan menjadi ajang paling prestisius di seluruh dunia yang bertujuan untuk mempromosikan kreativitas para desainer dalam sektor perhiasan kontemporer.

Atas kemenangan ini, Amelia Rachim berhak mendapatkan perhiasan yang telah didesain senilai lebih dari 5000 euro, hak karya cipta dan hak produksi.

“Saya telah menerima permintaan sponsor dari berbagai produsen ternama di seluruh dunia untuk melakukan kolaborasi produksi,” ujarnya senang.

“Piece by Piece into Peace akan dipajang di Museum HRD Antwerp Belgia mulai Maret hingga Mei mendatang.

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

X