RI3SKA.COM – Memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-76, KBRI Roma menyelenggarakan pembukaan kegiatan Ceria Merdeka pada Jum’at (30 Juli 2021).

Fungsi Sosial dan Budaya KBRI ROMA, Danang Waskito dari Roma kepada ri3ska.com mengatakan Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan peringatan Hari Anak Nasional tahun 2021 yang diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dubes RI Roma, Esti Andayani, dan Dubes RI Vatikan, L. Amrih Jinangkung yang didampingi Ibu Bertha Jinangkung, serta staff KBRI Roma dan KBRI Vatikan beserta keluarga.

Acara dimeriahkan dengan penampilan sekitar 25 anak-anak yang menampilkan persembahan lagu popular anak-anak “Di Sini Senang Di Sana Senang” dan “Kalau Kau Suka Hati”.

Sebagai simbol pembuka kegiatan Ceria Merdeka, Dubes Esti Andayani melakukan pelemparan jarum panah “dart”.

Dalam sambutan pembukaannya, Dubes RI menekankan pentingnya peran generasi muda termasuk anak-anak bagi masa depan Indonesia.

“Anak-anak Indonesia haruslah tetap bahagia, ceria dan merdeka. Orang yang bisa merasakan kebahagiaan adalah orang yang merdeka, dan dalam kemerdekaan pasti ada keceriaan”.

Di tengah pandemi ini, dimana banyak perubahan yang terjadi, Dubes juga berpesan kepada anak-anak Indonesia untuk tetap ceria, bahagia, rajin belajar dan beribadah serta selalu menghormati orang tua dan nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Sebagian Peringatan Hari Kemerdekaan Akan Dilakukan Secara Virtual

Memandang situasi pandemi, Dubes Esti berpesan agar semua pihak tetap waspada dan ikut meminimalisir potensi penyebaran Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“Sebagai upaya KBRI Roma agar peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 ini juga dapat mengikutsertakan partisipasi WNI dan diaspora Indonesia, beberapa lomba akan diselenggarakan secara daring (virtual), sementara untuk kegiatan dan lomba secara luring, jumlah pesertanya dibatasi dan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan”, jelasnya.

Dalam kegiatan Ceria Merdeka KBRI Roma tahun 2021 diselenggarakan beberapa pertandingan luring (fisik) antara lain: tenis meja ganda/ pasangan, lempar dart, lomba merangkai bunga, dan beberapa lomba anak-anak seperti mewarnai gambar bertemakan Kemerdekaan Indonesia, memasukkan pensil dalam botol, lempar gelang, lomba makan buah dan lainnya.

Sementara itu, untuk lomba Ceria Merdeka virtual (online) dapat diikuti oleh WN Indonesia, diaspora Indonesia serta warga negara asing, dengan beberapa jenis lomba diantaranya cerdas cermat online, lomba menggambar, lomba fotografi dan lomba deklamasi/ puisi. Sementara Acara Penutupan kegiatan “Ceria Merdeka” direncanakan akan dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2021 dengan beberapa lomba termasuk kegiatan jalan sehat bersama di taman Villa Borghese Roma.

KBRI Roma juga akan mengadakan Upacara Bendera pada 17 Agustus 2021 dengan jumlah peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang akan disiarkan secara live pada kanal media sosial KBRI Roma (YouTube dan Facebook Live). Selain itu, KBRI Roma juga merencanakan kegiatan Resepsi Diplomatik dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 pada bulan September 2021.

Kegiatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2021 kali ini bertemakan “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, sementara tema kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2021 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Penulis: Rieska Wulandari
Editor: JG

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X