Tim KBRI Roma dan ITPC Milan Bertemu Sekjen AICE.
Dari kiri ke kanan
Atase Fungsi Ekonomi Caka A. Awal, Atase Perdagangan ITPC Milan, Silvi Ch. Sumanti, Sekjen AICE David Doninotti dan Kepala ITPC Milan, Sri Bimo A. Yudhoyono.

RI3SKA.COM – Pekan lalu, Tim Ekonomi dan Perdagangan Indonesia, yang terdiri dari Koordinator Fungsi Ekonomi dan atase Perdagangan KBRI Roma, beserta Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan, mengadakan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Associazione Italiana Commercio Estero/Asosiasi Perdangangan Luar Negeri Italia (AICE) David Doninotti, di kantor AICE di Milan
Atase Perdagangan KBRI Roma, Silvi Ch.

Sumanti mengatakan pertemuan diselenggarakan dengan agenda utama yang membahas mengenai proposal Imbal Dagang Indonesia
“Dalam proposa tersebut antara lain membahas rencana sosialisasi Imbal Dagang kepada pelaku usaha di Italia, menyusunan “guide to do business in Italy” dan menyusun strategi menjangkau dan mempromosikan produk ekspor Indonesia ke pelaku bisnis di Italia,” ujarnya.

Atase Perdangan KBRI ROMA,
Silvi Ch. Sumanti.

Ia mengatakan, pihak AICE menanggapi secara positif dengan menjanjikan untuk mempelajari dan memberikan tanggapan atau masukan atas detail skema proses imbal dagang tersebut agar sesuai dengan kondisi di Italia dan juga menyampaikan konsep usulan Memorandum of Understanding (MoU).

Lebih dari itu, menurutnya AICE juga menunjukan kesediaannya untuk mulai menyusun tim guna mempelajari dan menyusun strategi penjaringan minat atas proposal tersebut. “Tim dimaksud dapat melibatkan berbagai unit-unit kerja pemerintah Italia di sektor perdagangan, otoritas kepabeanan, dan berbagai asosiasi pengusaha yang ada di Itali,” ujarnya.

Ia mengatakan, sosialisasi Imbal dagang dapat diselenggarakan menyusul pembentukan tim dan hasil kajiannya.
Hasil lain dari pertemuan ini adalah, AICE juga menyetujui kemungkinan diselenggarakannya business meeting dalam rangka sosialisasi dan menjaring minat, yang dapat melibatkan Ministry of Foreign Affairs and International Cooperation dan Ministry of Economical Progress.

AICE juga menyarankan agar dapat melakukan upaya menjalin komunikasi dengan kementerian-kementarian tersebut, sementara itu AICE juga akan mengupayakan keterlibatan pelaku bisnis Italia di dalamnya.

Oleh karena itu, maka selanjutnya Indonesia dan Italia perlu menyusun work plan dan rangkaian kegiatan bersama. Termasuk di dalamnya adalah pemilihan sektor atauproduk yang potensial, field visits ke lokasi pebisnis di kedua negara, dan capacity building bagi eksportir di Indonesia dan importir di Italia.
Silvi menambahkan, krisis ekonomi akibat pandemi memberi dampak kepada banyak negara, dan ini merupakan upaya agar kondisi pergadangan kembali baik seperti semula.

Wawancara lengkap klik tautan ini https://www.youtube.com/watch?v=wQX6DVwhjL8

Penulis: Rieska Wulandari
Editor: Syahrul Gunawan

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X