RIESKA.COM – Kemajuan teknologi semakin memudahkan kita untuk melakukan banyak hal secara daring, termasuk melakukan kegiatan belajar mengajar ditambah dengan situasi pandemi global Covid-19 yang saat ini tengah melanda dunia, memaksa sekolah dan universitas untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring, sebagai upaya meminimalisasi tatap muka dan menghindari penyebaran virus.
Masyarakat kini juga mulai menerima dan menganggap sekolah daring sebagai solusi menarik untuk terus melanjutkan studi, demikian kurikulum dan sistem pendidikanpun kini diupayakan menyesuaikan kondisi untuk mengakomodir kegiatan belajar mengajar tanpa tatap muka.
Sebelumnya kegiatan belajar mengajar secara daring hanya terbatas pada kursus-kursus informal yang bisa didapatkan melalui internet, namun saat ini, institusi-institusi pendidikan bertaraf international pun turut membuka pendaftaran untuk kelas daring.
Namun, sebelum mendaftar di sekolah/ kursus keahlian impian Anda, jangan lupa untuk memastikan hal-hal berikut dibawah ini :

  1. Bidang Studi Pilihan
    Pastikan bahwa bidang studi yang akan Anda pilih dapat dilaksanakan sepenuhnya secara
    daring, dalam artian, anda bisa mengakses materi, berpartisipasi dalam diskusi dan ujian
    secara daring- Artinya Anda dapat sepenuhnya mengunduh dan mengunggah tugas-tugas kuliah anda secara daring tanpa kendala yang berarti, serta dapat berkomunikasi dan melakukan koordinasi dengan teman-teman kelas dan pengajar kapan pun anda butuhkan.
    Jika studi anda mengharuskan Anda untuk sering “turun ke lapangan” atau melakukan penelitian di laboratorium di kampus, misalnya, maka pilihan untuk melakukan studi secara daring akan lebih sulit, meskipun pihak sekolah/universitas akan memastikan anda tetap bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang memerlukan tatap muka dan kehadiran secara fisik, misalnya dengan memberlakukan jadwal untuk datang bergantian dengan teman-teman Anda.
  2. Durasi Program Studi
    Kegiatan belajar mengajar secara daring menuntut kemampuan disiplin diri yang tinggi, mengingat kita cenderung lebih bebas untuk mengatur tempo dan cara belajar, diluar waktu mengikuti jadwal belajar secara siaran langsung yang sudah ditetapkan bersama.
    Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mendaftar sekolah/kursus online, pastikan Anda mengetahui berapa lama durasi program yang dibutuhkan, mulai dari awal kegiatan sampai dengan kelulusan, berapa kredit yang dibutuhkan dan syarat kelulusan (membuat karya tulis, mengikuti program magang dan sebagainya)
    Jika anda memiliki kesulitan atau hambatan tertentu untuk dapat menyelesaikan program studi anda tersebut, diskusikan dengan pasangan, pihak sekolah/penyelenggara kursus dan pihak-pihak lain yang dapat membantu Anda.

Jika anda masih ragu, ada baiknya jika anda mencari alternatif lain, seperti mencari sekolah/tempat kursus daring lain yang lebih bisa mengakomodasi kebutuhan Anda, atau menangguhkan rencana Anda ada sousi yang lebih baik.

  1. Metode
    Pastikan memilih sekolah/kursus daring dengan metode pembelajaran yang tepa. Ada program yang memberikan jadwal tetap, dalam artian, anda diharuskan untuk mengikuti jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah ada pula yang menawarkan system pembelajaran yang fleksibel, dimana Anda bisa
    mengakses materi kapan pun anda mau, selama masih berada dalam jangka waktu tertentu. Sistem ini memungkinkan anda untuk mengatur waktu anda dengan lebih bebas, menyesuaikan dengan situasi Anda.
    Sistem fleksibel ini cocok untuk mereka yang sibuk dan memiliki tanggung jawab lain selain mengikuti perkuliahan/kegiatan belajar daring, misalnya bagi para orangtua dan karyawan yang harus bekerja dan mengurus anak. Namun sistem fleksibel seperti ini, membutuhkan tingkat disiplin yang tinggi, jika tidak maka berisiko tertinggal.
  2. Materi Pembelajaran dan Perlengkapan Teknis
    Perhatikan perlengkapan teknis yang dibutuhkan, misalnya apakah telepon genggam atau
    laptop saja sudah cukup? Atau anda butuh perlengkapan lain seperti headphone, alat cetak dan pemindai misalnya.
    Pastikan anda sudah mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kebutuhan ini sebelum mendaftar, supaya anda bisa memperhitungkan biaya yang perlu dikeluarkan untuk keperluan tersebut. Tentunya siapkan juga dana untuk membeli buku-buku teks dan peralatan elektronik tambahan.
  3. Syarat Kelulusan
    Seperti sudah disampaikan di atas, Anda sebaiknya tahu persis berapa jumlah kredit yang diperlukan? Adakah mata kuliah/pelajaran tertentu yang mengharuskan pertemuan tatap muka? Apakah ada kewajiban membuat karya tulis seperti skripsi? Atau mengikuti program magang dan sejenisnya? Pastikan anda memiliki waktu dan kemampuan untuk melakukan semua hal yang disyaratkan untuk meraih kelulusan sebelum memutuskan untuk mendaftar.
  4. Biaya Keseluruhan
    Biaya untuk universitas/kursus secara daring tidak selamanya lebih murah dibandingkan dengan biaya sekolah/kursus tradisional tatap muka. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui informasi mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan. Pertimbangkan juga biaya-biaya lain yang terkait dengan proses belajar mengajar daring, misalnya, peralatan dan material praktikum di rumah.
  5. Kredibilitas Institusi
    Reputasi yang baik dengan contoh alumni yang sukses dan puas dengan kegiatan belajar mengajar daring merupakan indikator penting yang bisa menjadi patokan dalam memilih lembaga. Selain itu pastikan juga akreditasi agar mutu dan proses kegiatan belajar mengajar terjaga baik.
  6. Metode Ujian yang Diterapkan
    Bagaimana ujian akan dilaksanakan? Apakah akan dilakukan secara daring? Atau anda harus datang ke lokasi kampus untuk melakukan ujian? Beberapa institusi yang menawarkan kelas belajar mengajar daring melakukan hal ini untuk mencegah siswanya mencontek selama ujian.
  7. Transfer Kredit Semester
    Jika Anda sudah pernah mengambil mata kuliah dan jurusan yang kurang lebih sama, namun karena satu dan lain hal anda tidak bisa menyelesaikan studi Anda sebelumnya, pastikan universitas yang Anda minati dapat mengakui kredit semester yang telah Anda raih. alah satu metode untuk menghemat dana dan waktu. Sistem transfer ini bisa dilakukan bila program yang Anda ikuti relevan dengan program sebelumnya.
  8. Pengakuan dari Industri Anda
    Pastikan bahwa program ini mendukung profesi yang anda geluti sekarang dan pihak industri mengakui gelar daring dan menganggap gelar tersebut sama dengan gelar yang didapat melalui kelas dengan sistem tatap muka. Jangan lupa pastikan bahwa sertifikasi yang akan Anda raih, sesuai dengan standar yang diterapkan dan dibutuhkan oleh industri yang anda idamkan.
    Nah, kalau sudah jelas apa saja yang dibutuhkan tunggu apa lagi? Ayo kita semangat menimba ilmu, mumpung metode daring saat ini bisa menjadi jembatan mencapai cita-cita!

Andini merupakan kontributor lepas di Rieska.com. Nantikan artikel-artikel selanjutnya seputar dunia pendidikan di sini. Tulisan-tulisannya mengenai Pendidikan, studi ke luar negeri dan beasiswa dapat juga disimak di blog pribadinya https://www.backtoschoolmamma.com

Penulis: Andini

Editor: Rieska Wulandari

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X