RI3SKA.COM – Hari yang ditunggu-tunggu telah tiba, Mario Draghi telah membubarkan pemerintah cadangan dan hari ini, Jumat (12/2/2021) pada pukul 19.00 telah menghadap ke Quirinale, kediaman dan kantor Presiden Republik Italia, Sergio Mattarella, untuk memberitahukan tentang komposisi pemerintahan barunya.

Sumpah jabatan dijadwalkan besok Sabtu (13/2/2021) pukul 12.00.

Setelah bertemu dengan kepala negara, Draghi membaca daftar nama tim yang akan bekerja bersamanya. 

Seperti yang direncanakan, Kepemerintahan Draghi adalah tim eksekutif campuran, yang terdiri dari tokoh teknis dan tokoh politik. Secara keseluruhan ada 23 menteri, dengan beberapa figur baru seperti Menteri Pelayanan Transisi Ekologi, dipercayakan kepada Roberto Cingolani;  Menteri Transisi Digital, Vittorio Colao;  dan Menteri Pariwisata, yang dipisahkan dari Warisan Budaya, dipegang oleh Massimo Garavaglia dari Partai Liga Utara;  sementara Menteri  Disabilitas, dipercayakan kepada Erica Stefani.

Banyak menteri kepemerintahan Conte yang di konfirmasi ulang, atau menjabat kembali, seperti Menteri Dalam Negeri, Luciana Lamorgese;  Menteri Luar Negeri, Luigi di Maio;  Menteri  Kesehatan, Roberto Speranza; Menteri Hubungan dengan Parlemen,  Riccardo D’Incà; Menteri Pertahanan, Lorenzo Guerini; Menteri Budaya, Dario Franceschini;  dan Menteri Kesamaan hak & Keluarga, Elena Bonetti.

Konfirmasi juga untuk Stefano Patuanelli, pindah jabatan dari Menteri Pembangunan Ekonomi menjadi Menteri Pertanian, dan Paola Dadone, menjadi  Menteri Kebijakan Pemuda

Menteri Ekonomi, yang merupakan sektor paling penting saat ini, ditugaskan kepada ahli ekonomi Daniele Franco, manajer umum Bank Italia. Seorang politis dari Partai  Liga Utara Giancarlo Giorgetti, diangkat menjadi Menteri  Pembangunan Ekonomi.

Profil teknis tingkat tinggi, yaitu Marta Cartabia, mantan presiden Mahkamah Konstitusi, menggantikan Menteri Hukum, Alfonso Bonafede. Enrico Giovannini juga seorang teknisi, menangani Transportasi.

Begitu pula Menteri Pendidikan dipegang oleh Patrizio Bianchi;  dan Menteri Universitas dan Riset, Cristina Messa.

Kemudian ada beberapa tokoh yang kembali ke peran menteri: Renato Brunetta, Menteri Administrasi Publik;  Maria Stella Gelmini, dari partai Forza Italia sebagai Menteri Urusan Umum dan Otonomi;  Mara Carfagna, Menteri Italia Wilayah Selatan dan Teritorial;  Andrea Orlando, Menteri Tenaga Kerja.

Penulis: Julie Ghinami
Editor: CM, RW

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X