RI3SKA.COM – Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte akan menghadap kepada Presiden Italia, Sergio Mattarella untuk menyatakan pengunduran dirinya besok (26/1/2021).

Pada pukul 09.00 besok dia akan mengumumkan di hadapan kabinet mengenai niatnya untuk mundur kemudian dari sana dia akan melanjutkan ke Quirinale (kediaman resmi kepresidenan)  untuk menemui Presiden Sergio Mattarella, demikian  dilaporkan kantor berita Italia ANSA, (25/1/2021).

Conte berharap Mattarella akan kembali memberinya mandat untuk membentuk pemerintahan yang lebih kuat, menurut sumber pemerintah senior, setelah perdana menteri kehilangan suaranya pekan lalu.

Italia jatuh ke dalam krisis politik saat pemimpin partai Italia Viva (IV) yang juga mantan perdana menteri Matteo Renzi menarik dukungan dari pemerintah dan membawa Italia terjun ke dalam krisis  dan meninggalkan Conte tanpa suara mayoritas.

Menyusul hasil voting di senat, Conte berusaha membangun kembali pemerintah yang kuat disaat Italia tengah berjuang melawan pandemi Covid-19 dan di tengah resesi ekonomi sejak perang dunia kedua, namun tanpa suara mayoritas penuh, upaya membangun kembali pemerintah tak mungkin dilakukan oleh Conte.

Penulis: Rieska Wulandari – Jurnalis, ketua Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indonesia (ISKI) Cabang Eropa
Editor: JG

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X