RI3SKA.COM – Perdana Menteri Giuseppe Conte dalam pemungutan suara secara terbuka di hadapan Senat, si Roma, Italia, Selasa (19/1/2021),  berhasil meraih 156 suara dukungan.

Conte telah mendapatkan suara dari dua senator Partai oposisi Forza Italia dan suara dari senator dari Italia Viva, yang dikenal berhaluan sosialis,  Riccardo Nencini.

Namun demikian suara dukungan tidak meraih suara absolut sebanyak 161 suara dimana terdapat 140 berkata “tidak” dan 16 suara abstain dari Partai Italia Viva.

Pemerintah Conte pekan lalu, kehilangan suara mayoritas, setelah ketua partai Italia Viva (IV) Matteo Renzi, mencabut dukungan partainya dan menteri-menteri dari partainya pekan lalu.

Dalam pernyataannya Conte mengatakan,”Sulit untuk memerintah dengan mereka yang merusak keseimbangan,” yang langsung disambut tepuk tangan anggota senat.

Usai pertemuan yang panjang dan melelahkan tersebut, Conte memberikan cuitannya di Twitter.

Akun Twitter Perdana Menteri Giuseppe Conte (Foto: Rieska Wulandari/RI3SKA.COM)

“Pemerintah juga meraih kepercayaan dari senat. Langkah selanjutnya saat ini adalah membuat kelompok mayoritas ini semakin solid. Italia tidak punya waktu lagi. Kita harus segera kembali bekerja untuk mengatasi keadaan darurat kesehatan dan krisis ekonomi.
Prioritas utama yaitu program vaksinasi, program pemulihan dan dekrit ristori (dekrit yang berkaitan dengan kompensasi)”, tandasnya.

Penulis: Rieska Wulandari – Jurnalis, ketua Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indonesia (ISKI) Cabang Eropa
Editor: JG

By Redaksi

Minds are like parachutes; they work best when open. Lord Thomas Dewar

Tinggalkan Balasan

X